Penting ! 5 Broadcast Pesan Kesehatan yang Tidak Benar

Kapanpun.com – Informasi melalui pesan singkat (SMS) ataupun dishare melalui media masa seperti facebook, instagram maupun BBM, mungkin cara tercepat untuk dijadikan sarana pemberi informasi yang mudah, apalagi sekarang ini pengguna BBM semakin meningkat sehingga banyak dijadikan sarana broadcast pesan-pesan penting bahkan mengenai informasi kesehatan.

Namun tidak menutup kemungkinan jika informasi tersebut minim sekali kebenaranya sehingaa hanya menjadi suatu info yang menakut-nakuti saja. Berikut daftar broadcast pesat kesehatan yang tidak benar atau HOAK.

  1. Minum air dingin setelah makan pemicu kanker

Dijelaskan dalam pesan yang beredar selama ini mengenai minum air dingin setelah makan pemincu kanker, dimana air dingin dapat memadatkan minyak dalam makanan sehingga lama-kelamaan akan melapisi usus dan dapat menimbulkan kanker.

Perlu anda ketahui jika berita tersebut tidaklah benar karena tidak ada penjelasan yang menudung mengenai hal tersebut. Dimana ketika seseorang minum es, dinginnya es tidak akan bertahan lama dilambung.

2. Keracunan jika makan mie instan dan Coklat secara bersamaan

Yang hingga saat ini menjadi sorotan iala informasi mengenai keracunan karena makan mie instan dan coklat secara bersamaan. Serta info lain yakni mengenai dapat keluarnya darah dari lima alat indera kita. Kepala BPOM RI menegaskan jika MI instan yang sekarang ini beredar dipasaran tidak ada yang mengandung racun arsenik. Karena MI instan tersebut dijual dengan sesuai ketentuan dan standar di Indonesia.

3. Virus HIV yang terdapat di pembalut

Kabar penularan virus HIV melalui pembalut saat ini cukup beredar luas, sehingga bagi orang awan inofrmasi yang satu ini cukup menjadikannya rasa takut maupun waspada ketika membeli pembalut. Namun anda pun tak perlu khawatir tentang broadcast tersebut karena Virus HIV tidak mampu bertahan hidup di luar tubuh jika tanpa inang dan pembalut tidak dapat menjadi ianang bagi virus HIV.

teh sehatkan tubuh

4. Teh kemasan berancun

Beberapa waktu lalu, beredarnya kabar mengenai teh kemasan beracun pun menggegerkan dunia maya. Dimana kabar mengatakan teh kemasan tersebut mengandung bahan-bahan yang berbahaya bagi tubuh manusia. Namun setelah diklarifikasi oleh para produsen teh yang bersangkutan jika kabar tersebut tidaklah benar adanya.

5. Minuman Kemasan Mengandung HIV

Kabar penyebaran virus yang disebarkan melalui media masa memang cukup banyak. Dan salah satunya ialah melalui minuman kemasan yang dideteksi mengandung virus HIV karena terkontaminasi dari darah salah seorang pekerjanya, Namun perlu anda ketahui Virus HIV hanya dapat hidup diluar tubuh dalam beberapa jam maupun menit saja. Sehingga secara logika tidak mungkin jika penularan HIV dapat di salurkan melalui minuman kemasan.

Nah itulah beberapa pesan yang disebarkan melalui media masa maupun pesan singkat yang tidak memiliki kebenaran. sebaiknya anda harus lebih teliti dan pandai dalam memilah-milah informasi, karena sekarang ini banyak sekali para penipu yang berkeliaran. Yang biasanya dapat merugikan anda dan orang lain.

Penting ! 5 Broadcast Pesan Kesehatan yang Tidak Benar | Ainul Mahfudh | 4.5
DMCA.com Protection Status