Dolar Menguat dan Bertahan di 13.800 Rupiah? ini sikap BI?

NILAI TUKAR RUPIAH

Kapanpun.com– Nilai Tukar Rupiah terhadap dolar AS memang selalu naik turun, di setenagh tahun terakhir ini Nilai tukar rupiah terhadap dolar berada di kisaran 13.000 . berdasarkan informasi yang kami sadur dari data perdagangan Reuters, Jumat (4/12/2015), dolar AS di tutup pada  Rp 13.840.

sampai berita ini di rilis, dolar masih berada di kisaran Rp 13.833 , di perkirakan penguatan dolar akibat Rencana The Federal Reserve (The Fed) yang ingin menaikkan suku bunga. Bank sentral AS tersebut berencana akan menggelar pertemun pada 15-16desember mendatang untuk membahas kebijakan-kebijakan baru.

menanggami penguatan dolar tersebut , Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Mirza Adityaswara menyatakan penguatan dolar yang terjadi hari ini masih dalam Level Normal.

Baca juga : Penduduk indonesia terbesar 4 dunia

“Namanya pasar keuangan ya sekarang menunggu FOMC hal yang normal saja, apalagi katanya bulan Desember. Kalau setelah itu akan normal lagi situasinya,” tutur Mirza Adityaswara saat ditemui di Gedung BI, Jakarta, Kami (3/12/2015).

Namun, Mirza juga mengatakan indonesia harus mewaspadai gejolak perekonomian global.

“Fed tanggal 16 di sana, 17 di sini, RDG 17. Kalau kita baca, kita mesti tetap waspada risiko dari eksternal misalnya kenaikan suku bunga AS yang 0,25%, kalau itu terjadi memang kemungkinan besar sudah price-in, berarti tidak akan membuat jadi gejolak,” jelas dia yang kapanpun kutip dari detik.com.

“Situasi harusnya akan tetap stabil tapi kan semua itu kita tidak bisa dipastikan oleh karena itu mengapa BIstatement-nya menyatakan kita harus berhati-hati dan mencermati kondisi esternal,” imbuhnya.

Dolar Menguat dan Bertahan di 13.800 Rupiah? ini sikap BI? | Ainul Mahfudh | 4.5
DMCA.com Protection Status