Keris Jalak Budha : Keris Tertua Di Dunia

Keris adalah khasanah bangsa indonesia, bahkan keris sudah di akui oleh UNESCO, Di masa lalu keris berfungsi sebagai senjata dalam duel/peperangan, sekaligus sebagai benda pelengkap sesajian. Pada penggunaan masa kini, keris lebih merupakan benda aksesori (ageman) dalam berbusana, memiliki sejumlah simbol budaya, atau menjadi benda koleksi yang dinilai dari segi estetikanya.

Keris Jalak Budha merupakan keris tertua di dunia, keris ini di buat pada abad 6 masehi di pulau jawa, keris ini merupakan keris generasi pertama yang bentuknya sangat sederhana namun di buat dari bahan berkualitas pada masa itu. bentuknya lurus,  lebar, pendek dan tebal. Gandhiknya polos, pejetannya dangkal,sogokannya rangkap dan tipis, kadang-kadang memakai tingil.

di perkirakan, cara pembuatannya hampir sama dengan pembuatan keris pada umumnya, keris jalak budha selaku keris tertua di dunia tidak berpamor, kalaupun berpamor, maka pamor itu adalah pamor tiban yakni pamor yang bentuk gambanya alami atau tidak di rencanakan sang empu.

Keris Tertua Di Dunia

para pencinta keris sepakat bahwa keris Jalak Budha merupakan keris pertama di indonesi dan otomatis menjadi keris pertama di dunia, bagi kalangan yang percaya tuah di keris,  keris ini merupakan keris yang yang memiliki tuah yang baik untuk kesehatan, tak hanya itu keris ini juga menjadi keris tindih untuk meredam tuah keris lain yang galak, kersa atau menggangu.

Panembahan Hadiwidjaja Sang Maharsitama, seorang pakar perkerisan keraton Surakarta mengutarakan, Istilah keris berasal dari bahasa Sangsekerta atau Sanskrit yaitu kris yang berarti menghunus. Sedangkan menurut etimologi jawa, Keris berasal dari dua kata yaitu Sinengker yang memiliki arti rahasia atau disembunyikan dan kata Aris yang berarti bijaksana, hati-hati. Dengan demikian Kata Keris mengandung maksud agar manusia yang memiliki atau memegang keris mempunyai sikap yang rendah hati, tidak suka menonjolkan diri, tidak sombong, yang dikiaskan dengan bahasa sinengker dan juga mempunyai sikap yang bijaksana, hati-hati, tidak sembrono atau grusa-grusu.
Keris juga mempunyai nama lain, seperti dhuwung dari dua kata udhu dan kuwung. Udhu berarti sumbangan atau kontribusi, sedang kuwung berarti kehormatan atau kewibawaan. Dari istilah ini diharapkan keris memberikan kontribusi meningkatkan derajat, wibawa dan kehormatan bagi pemiliknya.
Selain dhuwung, ada lagi nama lain dari keris yaitu curiga. Kata Curiga berasal dari dua kata yaitu Curi dan Raga, dimana curi berarti tajam dan raga berarti fisik atau benda.

menarik bukan pembahan keris kali ini, selain itu anda juga dapat memahami Arti keris dan Keris tertua di Dunia, mari kita lestarikan budaya bangsa indonesia dengan mencintai keris sebagai warisan nenek moyang kita.

 

Kapanpun berita terbaru:

Keris tertua,keris tertua di dunia,keris tertua di indonesia,keris tertua di jawa,keris tertua yang pernah ditemukan,keris tertua di nusantara,keris terkuat,Keris tertua di tanah jawa,keris jalak budho,keris jalak,
Keris Jalak Budha : Keris Tertua Di Dunia | Ainul Mahfudh | 4.5
DMCA.com Protection Status