Bahaya Tidur Ngorok atau Mendengkur dan Cara mengatasinya

Pernahkan terfikir di benak anda jika Tidur ngorok atau mendengkurber bahaya bagi tubuh manusia, kita juga sudah paham jika mendengkurtelah menjadi hal yang lumrah bagi kebanyakan orang, aktifitas tertidur sambl mengeluarkan suara yang bersumber dari hidung dan mulut ini sudah lazim atau banyak terjadi di masyarakat kita.

tapi tahukan anda jika mendengkur sebenarnya satu hal yang tidak dapat di katakan sepele, efek panjangnya bisa sampai pada masalah kematian, penasaran kenapa? mari kita simak?

Bahaya tidur ngorok atau Mendengkur

bahaya mendengkur

Ngorok atau mendengkur sebenarnya terjadi karena terjadinya penyempitan saluran pernafasan dalam kondisi tertentu, penyempitan pernafasan ini bisa berakibat pada sumple oksigen kepada kebutuhan organ kita, semisal jantung, darah , otak dsb. inilah salah satu alasan kenapa Mendengkur bisa menyebabkan kematian.

hal tersebut dikukuhkan oleh Pakar gangguan tidur dari Rumah Sakit St George Sidney Australia, Dr. Peter Cistulli,beliau mengatakan bahwa penyempitan saluran pernafasan mengakibatkan suplai oksigen ke seluruh tubuh terhambat. pada titik tertentu bisa mengakibatkan pernafasan terhenti (obstructive sleep apnoea). Kondisi ini bisa terjadi berulang kali dengan durasi sekitar 10-60 detik.

mendengkur dalam jangka yang lama akan mengakibatkan minimnya pasokan oksigen ke otak dan bagian tubuh lainnya, hal yang demikian akan membuat organ tubuh bekerja ekstra dalam mencukupi kebutuhan oksigen. dalam jangka panjang bisa berakibat tinbulnya banyak penyakit semisal hipertensi, stroke, dan jantung.

jadi sudah tahu bukan Bahaya Tidur Ngorok atau Mnedengkur ?

jika sudah tahu, alangkah baiknya jika kita mengantisipasi agar tidur kita tidak mendengkur, berikut kami sajikan beberapa tips agar tidur kita tidak mendengkur.

1. Tidur miring, usahakan jika kamu tidur,lakukan tidur miring,  Posisi tidur miring akan membuat aliran udara lebih lancar.

2. Kurangi konsumsi alkohol, Minuman keras dapat melemahkan sistem saraf di bagian rahang dan tenggorokan yang dapat memicu suara dengkuran. alangkah bainya jika ini bsia di tinggalkan.

3. Berhenti merokok, racul dalam rokok juga berpotensi pada gangguan sistem pernafasan, kurangilah rokok agar lebih sehat.

4. tidur dengan bantal tinggi, ini digunakan untuk membuat posisi kepala lebih tinggi dari badan, sehingga efektif untuk menghilangkan dengkuran.

semoga tips ini bisa bermanfaat meminmalisir dengkurang, mari budayakan hidup sehat.

Bahaya Tidur Ngorok atau Mendengkur dan Cara mengatasinya | Ainul Mahfudh | 4.5
DMCA.com Protection Status