Pembalut Wanita Mengandung Klorin Aman di Gunakan, Ini Kata Kemenkes

Kapanpun.com – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan pembalut mapun patyline yang mengandung klorin sejauh ini masih aman digunakan. Pembalut wanita yang sudah beredar dipasaran telah melalui uji laboratorium dan sudah mendapatkan ijin edar yang resmi.

Direktur Jenderal Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Maura Linda Sitanggang mengatakan, pemakaian klorin pun tidak diatur dalam standar internasional karena aman digunakan.

Pemakaian klorin tersebut tidak dijelaskan berapa batasannya, sehingga syarat dalam ambang batas lemah, Klorin berbahaya jika dimakan, selama tidak tertelan mungkin tidak perlu resah. Hal ini dikatakan langsung oleh Maura Linda.

Uji sampel pembalut juga dilakukan secara rutin, uji dilakukan seperti mengetes daya serap dan kandungan yang terdapat didalamnya, termasuk juga klorin. Klorin merupakan bahan yang bisa dipergunakan sebagai pemutih seperti halnya kertas.

pembalut yang aman digunakan

Sedangkan YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) menilai klorin bisa membahayakan kesehatan organ intim wanita. Sehingga YLKI menjabarkan hasil penelitinan dan merilis 9 pembalt dan tujuh pantyliner, semuanya mengandung klorin dalam jumlah kadar tidak sama.

Selain itu, menurut YLKI, Food and Drugs Administration (FDA) atau badan pengawas obat dan makanan di Amerika Serikat telah merekomendasikan pembuatan pembalut bebas klorin.

klorin memang bersifat sebagai racun jika dimakan. Namun, Linda memastikan, FDA juga tidak menetapkan standar penggunaan klorin pada pembalut. Begitu pula dengan standar nasional Indonesia (SNI).

Oleh karena itu, Linda mengatakan pembalut dan pantyliner yang sudah mendapatkan ijin edar tentunya sudah aman untuk digunakan, masyarakat tak perlu resah.

Pembalut Wanita Mengandung Klorin Aman di Gunakan, Ini Kata Kemenkes | yaya prisilia | 4.5
DMCA.com Protection Status