Jelang Valentine, Ini Asal Usul Cupid Si Dewa Asmara

cupid sidewa asmara di hari valentine

Kapanpun.com – Hari Valentine atau Valentine day merupakan hari penuh kasih sayang yang biasanya diperingati setiap tanggal 14 Februari. Nah setiap hari Valentine pasti sering kali muncul si dewa asmara yakni Cupid sebagai simbol cinta. Cupid biasanya digambarkan dengan sosok anak-anak yang membawa busur dengan sebuah anak panah. Konon siapa saja yang nantinya terkena panahnya mereka akan menjadi pasangan kekasih.

Sosok Cupid sendiri berasal dari mitologi Romawi dan merupakan seorang dewa cinta. Namun sesungguhnya cupid ini sendiri sudah muncul pada mitologi Yunani namun dengan nama yang berbeda yaitu Eros. Dilansir dari History, salah satu tulisan pertama yang memuat tentang Eros berasal dari seorang bernama Hesiod dengan karangannya yang berjudul Theogony di tahun 700 sebelum masehi.

Baca juga : Daftar 14 Pilihan Kado di Hari Valentine.

Pada masa Yunani, Eros hadir dengan bentuk pemuda yang sangat tampan dan dapat memikat semua manusia hingga dewa. Namun pada kebudayaan Romawi, Eros juga sudah berubah menjadi sosok cupid dengan bentuk anak-anak yang ceria dan suka bermain. Hingga saat ini sosoknya pun menjadi sangat lucu dan menggemaskan dengan postur tubuh yang gemuk.

Cupid atau Eros dipercaya sebagai dewa yang abadi dimana mampu mempermainkan perasaan yang dimiliki manusia.  Dan hingga saat ini, Dewa asmara atau Cupid digunakan sebagai simbol dewa dengan tubuh anak-anak yang dapat menghadirkan cinta bagi sepasang kekasih.

Jelang Valentine, Ini Asal Usul Cupid Si Dewa Asmara | Ainul Mahfudh | 4.5
DMCA.com Protection Status