5 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki

Kapanpun.com РPenggunaan alas kaki seperti sandal atau sepatu menjadi salah satu hal penting yang digunakan untuk menlindungi kaki dari bahaya. Kita sering menghabiskan sebagian besar waktu di kantor, disekolah atau di tempat terbuka dengan alas kaki.

Manfaat berjalan tanpa alas kaki

Padahal berjalan tanpa menggunakan alas kaki memberikan banyak manfaat. Terutama berjalan diatas tanah, bebatuan, pasir, dan rerumputan. Hal tersebut dapat merangsang pembuluh darah, menjaga bentuk alami kaki serta menguatkan otot-otot betis dan menenangkan sistem saraf.

Baca juga : Tips Mengetahui Durasi Tidur Siang yang Tepat

Berikut manfaat berjalan kaki dengan bertelanjang kaki.

  1. Berjalan tanpa alas kaki dapat membantu meminimalkan peradangan dalam tubuh. Kaki  dapat menikmati efek antioksidan ketika menyentuh tanah. Hal tersebut juga dapat membantu dalam memerangi aksi radikal bebas dalam tubuh.
  2. Dengan bertelanjang kaki dapat lebih menikmati suasana hati yang lebih baik dan dapat membantu mencegah depresi dan stres.
  3. Bagi penderita insomnia, cobalah berjalan di rerumputan atau tanah tanpa alas kaki, karena hal tersebut akan meminimalkan kadar kortisol dan dapat meningkatkan kualitas tidur. Efek yang sama dapat dirasakan ketika mencoba tidur di lantai.
  4. Berjalan kaki tanpa sepatu atau sandal dapat mempercepat proses penyembuhan dalam tubuh. Karena mekanisme perbaikan jaringan akan bekerja dengan baik.
  5. Bertelanjang kaki di tanah dapat mengurangi risiko kardiovaskular. Selain itu juga dapat meminimalkan masalah kecil tertentu seperti kembung, sakit kepala, kelelahan, dan stres.

Meskipun mempunyai banyak manfaat, namun tidak disarankan untuk berjalan tanpa alas kaki dalam waktu yang lama. Cukup 30 menit saja berjalan tanpa alas kaki. Selain itu perhatikan pula keamanan tempat Anda berjalan. Jangan sampai kegiatan tersebut malah melukai kaki Anda.

5 Manfaat Berjalan Tanpa Alas Kaki | Ainul Mahfudh | 4.5
DMCA.com Protection Status