Stop ! Jangan Lakukan Hal Ini Saat Ujian Nasional Berlangsung

Kapanpun.com – Ujian Nasional (UN) sebentar lagi memang akan dilaksanakan serentak di seluruh sekolahan baik jenjang SD, SMP hingga SMA. Agar pelaksanaan UN dapat berjalan lancar, maka kamu wajib menaati tata tertib yang berlaku serta jangan sampai kamu melakukan hal yang tidak seharusnya dilakukan yang dapat mengacaukan ujian mu nanti.

Ketika UN berlangsung sebaiknya kamu jangan melakukan hal-hal berikut ini, antara lain meminjam alat tulis kepada peserta ujian lain dan jangan sampai kartu UN tidak dibawa. Sedangkan untuk pelanggaran sedang yang harus anda hindari ialah jangan sampai kamu membawa HP keruang Ujian. Sementara pelanggaran berat yang wajib dihindari ialah jika kamu membawa contekan atau bekerjasama dengan peserta lain, apalagi hingga membawa kunci jawaban pada saat UN.

tips agar lulus UN 2016

Selain pelanggaran untuk peserta UN yang harus di hindari, ada pula pelanggaran bagi pengawas UN yang dilarang untuk dilakukan, yakni pelanggaran lalai antara lain lalai, merokok, tidur dan berbicara yang dapat menganggu peserta Ujian. Ketika sedang mengawasi UN, pengawas tidak diperbolehkan membawa alat komunikasi serta alat elektronik lainnya yang tidak diperlukan ketika mengawasi ujian Nasional. Selain itu pengawas juga tidak boleh lalai untuk membantu mengisi identitas para peserta UN.

Pelanggaran sedang yang harus dihindari pengawas UN ialah tidak mengelem amplop LJUN diruang UN. Tidak menata serta menyusun LJUN diruang UN. Sedangkan untuk pelangaran beratnya ialah membacakan kunci jawaban kepada peserta, memberikan contekan, dan mengganti serta mengisi LJUN.

Konsekuensi jika peserta dan pengawas UN melakukan pelanggaran maka akan mendapatkan sanksi sesuai tingkat pelanggaran yang diperbuat. Untuk peserta UN jika melakukan pelanggaran ringan maka akan diberikan peringatan tertulis, sedangkan untuk pelanggaran sedang akan mendapatkan sanksi berupa pembatalan pada mata pelanjaran yang diujikan. Sedangkan untuk pelanggaran berat, peserta ujian mendapatkan sanksi berupa dikeluarkan dari ruang ujian dan mendapatkan nilai nol bagi mata pelajaran tersebut.

Sementara sanksi yang akan diterima pengawas ujian yang melakukan pelanggaran ringan yakni diberi peringatan oleh panitia UN di tingkat satuan pendidikan atau tingkat kabupaten/kota yaitu dengan dibebastugaskan sebagai pengawas ruang ujian. Untuk pengawas yang melakukan pelanggaran sedang dan berat akan dibebastugaskan untuk mengawas ruang ujian dan diberikan sanksi yang sesuai dengan UU yang berlaku.

Sekolah atau madrasah atau pendidikan kesetaraan yang melaksanakan UN bila melanggar ketentuan POS maka akan diberikan sanksi sesuai peraturan perundang-undangan. Serta, semua pelanggaran yang terjadi dalam pelaksanaan UN harus ditulis di berita acara.

Stop ! Jangan Lakukan Hal Ini Saat Ujian Nasional Berlangsung | Ainul Mahfudh | 4.5
DMCA.com Protection Status