Inilah 5 Rujak Khas Bali yang Populer

Kapanpun.com –  Bali, tak hanyaterkenal dengan tempat wisatanya namun juga terkenal dengan kulinernya baik itu makanan khas ataupun jajanan khasnya. Salah satu makanan khas Bali yaitu Rujak.

5 Rujak Khas Bali

Rujak merupakan salah satu makanan khas Indonesia. Ciri khasnya cukup mudah dikenali, yakni penggunaan bumbu khas dengan campuran sayur atau buah. Tiap daerah di Tanah Air mempunyai sajian rujak dengan ciri khasnya tersendiri. Termasuk di Bali, berikut lima rujak khas Bali yang populer.

Baca Juga : Inilah 5 Kuliner yang Diprediksi Bakal Populer di 2016

  1. Rujak Bulung

Rujak bulung merupakan salah satu sajian rujak yang populer di Bali. Rujak bulung terbuat dari bahan dasar rumput laut yang dipadukan dengan kelapa parut, lemon, dan lengkuas.

Rujak ini memiliki cita rasanya yang unik yakni Asam, gurih, dan tekstur renyah dari rumput laut membuat sajian ini disukai banyak kalangan.

2. Rujak Cuka

Rujak Cuka memiliki perpaduan bumbu cuka yang khas. Bumbunya terdiri dari cuka, terasi, cabai, gula aren dan dicampur jadi satu. Rujak cuka biasa dinikmati dengan tambahan buah seperti pepaya, ubi, jambu air dan mentimun. Rujak cuka ini mempunyai rasa yang khas yaitu manis pedas yang pasti bikin ketagihan.

3. Rujak Bancih

Rujak bancih memiliki bentuk menyerupai salad, rujak ini terbuat dari buah-buahan segar bertekstur renyah. Biasanya terdiri dari mangga muda, kedondong, bengkuang, salak, pepaya, mentimun, jambu air, belimbing dan buah lainnya.

Paduan bumbunya terbuat dari garam, asam, gula merah dan cabai. Semua bumbu dihaluskan dan dinikmati bersama buah-buahan segar.

4. Rujak Tibah

Rujak tibah terbuat dari buah mengkudu setengah matang. Paduan bumbunya terdiri dari asam, garam, cabai, dan gula merah. Semua bumbu dihaluskan serta ditambah air agar sedikit mengental.

5. Rujak Kuah Pindang

Satu lagi rujak yang terkenal di Bali adalah Rujak Kuah Pindang. Rujak ini memiliki rasa yang khas, yakni manis, asam, pedas, dan segar. Rujak ini cukup unik lantaran kuahnya encer karena disiram dengan kuah kaldu ikan pindang. Rujak Kuah Pindang biasanya dipaduan berbagai buah seperti mangga muda, jambu air, nanas, bengkoang dan belimbing yang diiris tipis.

Kapanpun berita terbaru:

rujak bali,cara membuat rujak cuka bali,bumbu rujak bali,resep rujak bali,Cara membuat rujak bali,rujak khas bali,
Inilah 5 Rujak Khas Bali yang Populer | yaya prisilia | 4.5
DMCA.com Protection Status