5 Ancaman Cyber Crime di Tahun 2016

Kapanpun.com – Ancaman dunia maya atau cyber, menjadi ancaman tersendiri bagi negara. Semakin tingginya penggunaan teknologi dalam kehidupan manusia, membuat para pelaku Cyber Crime melancarkan kejahatan ditahun mendatang. Hal tersebut mengakibatkan banyak informasi yang mungkin akan bocor.

Adanya prediksi Ancaman Keamanan Jaringan di tahun 2016, para pelaku bisnis dan teknologi diharapkan semakin meningkatkan sistem keamanan IT perusahaan mereka.

Baca juga : Awal 2016, Inilah 6 Smartphone High-End yang Akan Dirilis

Berikut Ancaram Cyber pada 2016 mendatang menurut Pakar keamanan siber dan kriptografi, Pratama Persadha :

5 Ancaman Cyber Crime di Tahun 2016

  1. Serangan DDoS

DDoS atau Distributed Denial of Service merupakan ancaman serangan internet yang sangat terkenal ditahun 2015. Ancaman ini menyerang sektor teknologi informasi, komunikasi, dan perbankan.

Ditemukan seperempat dari perusahaan yang bergerak di sektor tersebut mengalami serangan. Ancaman yang dilakukan Distributed Denial of Service ialah memeras, merusak sistem maupun merusak reputasi sebuah instansi atau perusahaan

2Email Phising

Email Phisingmasih menjadi ancaman serius bagi para pengguna internet. Selama 2015 tercatat lebih dari 90% malware disebarkan lewat email phising.

Riset Trend Micro, memaparkan, Perusahan teknologi informasi masih menjadi sasaran utama mencapai angka 47%. Perusahan teknologi yang menjadi sasaran terbesar serangan phising adalah Google, Yahoo dan Facebook, serangan tersebut dilakukan lewat email, aplikasi maupun game palsu.

3Ransomware

Ransomware adalah malware yang tersebar di jaringan internet yang paling ditakuti. Malware mempunyai kemampuan untuk menghapus informasi, merusak sistem serta kemampuan mengenkripsi file korban.

Ransomware menjadi alat yang efektif untuk memeras individu sampai lembaga besar. Serangannya membuat pemilik file tidak bisa membuka karena terenkripsi. Hanya kunci untuk dekripsi yang dipegang peretaslah sebagai pembuka.

4. Employee Error

Employee error biasanya disebabkan karena kelalaian pegawai yang tidak disengaja karena kurangnya regulasi dan training, yang dapat berdampak ancaman serangan cyber. Misalnya kehilangan device bawaan kantor, sembarangan mencolokkan flashdisk, sembarangan membagikan password, dan jadi korban phising.

5Poor Patch Management

Patch management merupakan proses perbaikan atau menutup celah keamanan yang ditemukan dalam sistem. Infrastruktur IT dalam perusahaan harus melakukan hal terssebut untuk menjaga keamanan jaringan.

Namun banyak perusahaan yang tidak menerapkan sistem tersebut sehingga menyebabkan terjadinya Poor Patch Management. Sehingga para peretas bisa menaruh exploit, malware, mencuri informasi, merusak sistem serta merusak reputasi sebuah instansi dan perusahaan.

5 Ancaman Cyber Crime di Tahun 2016 | Ainul Mahfudh | 4.5
DMCA.com Protection Status