Inilah Sejarah dari Semangkuk Sup

Kapanpun.com – Cuaca dingin menjadikan masyarakat membutuhkan asupan makanan yang dapat menghangatkan tubuh. Seperti di Eropa yang tenggah mengalami musin dingin dan sebagian Negara Asia yang mengalami musim hujan. Dan salah satu makanan yang dapat disantap kala cuaca dingin ialah sup.

Sup berasal dari bahasa Prancis yakni soupe, suppa dan dalam bahasa latin klasik suppare yang memiliki arti adalah merendam. Menurut sejarawan, Dulu sejarah memasak sup sama artinya dengan memasukkan berbagai bahan ke dalam panci sehingga tercipta masakan, yang berkuah, bernutrisi, dan mudah dicerna. Di beberapa Negara mempunyai ciri khas tersendiri pada sajian sup. Inilah awal mulanya ditemukan makanan cair ini.

Sejarah semangkuk sup

Ribuan tahun lalu, orang primitif telah mengkonsumsi sup dan sejenis bubur. Pada zaman Neolitikum, sup telah dikonsumsi di daerah Mediterania. Setelah kekaisaran Romawi runtuh, sup bertahan di Kekaisaran Byzantium yang berpusat di Konstantinopel, Turki. Berkat runtuhnya Kekaisaran Ottoman di Turki pada tahun 1454, tradisi menyantap sup di Asia Tengah ditularkan kepada masyarakat Eropa. Berbeda denagan Eropa Barat, orang Turki tidak membatasi mengkonsumsi sup pada momen khusus atau saat menyantap hidangan tertentu saja.

Baca juga : 4 kombinasi makanan yang tidak sehat

Dahulu, yang dijadikan bahan untuk membuat sup adalah roti. Roti kemudian direndam dalam kuah kaldu yang dimaksudkan untuk menghasilkan kandungan karbohidrat. Pada abad ke-17, sup disajikan dengan roti panggang atau yang sekarang dikenal dengan sebutan crouton. Dulu sup dimakan langsung menggunakan roti panggang, kuah kental pada sup dijadikan bahan cocolan kala menikmati roti panggang. Tetapi denagn berkembangnya zaman sekarang sup disantap dengan menggunakan sendok.

Di awal abad ke-18, Sup berkuah kaldu bening mulai popular. Sup jenis ini menjadi sajian makanan yang terkenal saat itu, kalangan atas menganggap sup berkuah bening merupakan sajian makanan yang mewah.

Kini sup semakin berkembang jenisnya. Dengan berbagai macam bahan isian, bumbu serta rempah sering ditambahkan dalam sup. Rasanya juga lebih kompleks dan pastinya bisa dipilih sesuai selera.

Inilah Sejarah dari Semangkuk Sup | agus mulyadi | 4.5
DMCA.com Protection Status