3D Touch dan Force Touch Milik Apple, Mana yang Lebih Canggih ?

Kapanpun.com – Apple merupakan salah satu produsen smartphone yang selalu menghadirkan inovasi teknologi terbaru pada perangkat yang dibuatnya. Seperti yang sudah diketahui bahwa Apple telah resmi memperkenalkan sederet teknologi baru. Dan salah satu fitur unggulannya yaitu 3D Touch.

Apple menyematkan teknologi baru bernama 3D Touch pada iPhone 6s dan 6s Plus. Selain 3D Touch, Apple sebelumnya juga memiliki teknologi serupa yang bernama Force Touch pada Apple Watch. Secara umum, Teknologi 3D touch dan Force Tocuh digambarkan sebagai teknologi layar yang memiliki sensitifitas khusus terhadap tekanan. Melalui teknologi inilah layar memiliki kemampuan untuk merespon navigasi sesuai dengan jenis sentuhan dan tekanan penggunanya.

Teknologi 3D Touch dan Force Touch Apple

Banyak orang yang beranggapan bahwa teknologi 3D Touch dan Force Touch yang digunakan Apple adalah teknologi yang sama. Namun, jika dibandingkan ternyata kedua teknologi tersebut memiliki perbedaan. Hal tersebut dikarenakan teknologi 3D touch merupakan pengembangan dari teknologi Force Touch, dan diklaim menawarkan kemampuan yang lebih prima.

Baca juga : Spesifikasi Lengkap dan Harga iPhone 7

Hal yang membedakan dari Force Tocuh dan 3D Touch yaitu terdapat pada tingkat sensitivitasnya. Force Touch kurang memiliki kemampuan untuk mengenali sentuhan dan tekanan. Sedangkan 3D Touch sangat sensitif dan memiliki respon lebih cepat.

Jadi, pada dasarnya  Force Touch dan 3D Touch merupakan teknologi yang sama, keduanya sama-sama menggunakan sensor Tapcit Engine dari Apple. Namun, terdapat perbedaan dari kemampuan keduanya untuk merespon tekanan, dalam hal ini 3D touch memiliki kemampuan yang lebih baik dibandingkan Force Touch.

3D Touch dan Force Touch Milik Apple, Mana yang Lebih Canggih ? | ainun nadhifah | 4.5
DMCA.com Protection Status