Makanan Yang Harus Dihindari Saat Terserang Demam

 Kapanpun.com – Perubahan cuaca terkadang membawa dampak buruk bagi kesehatan. Apa lagi saat musim penghujan tiba kondisi kesehatan tubuh mulai kurang stabil. Tak jarang hal tersebut membuat tubuh rentan terhadap penyakit, seperti demam, pilek, radang tenggorokan dan lainnya. Dengan istirahat saja ternyata tidak cukup membantu memulihkan metabolisme tubuh kembali normal.

Disaat terserang penyakit, tubuh pastinya akan kehilangan banyak cairan. Kita membutuhkan asupan makanan atau minuman bernutrisi yang kaya akan vitamin C, seperti jeruk, wortel, apel, dan lain sebagainya.

makanan yang perlu dihindari saat sakit

Namun, kita perlu memperhatikan makanan yang kita konsumsi saat sedang sakit. Karena mengonsumsi makanan yang tidak tepat akan memperlambat proses penyembuhan dan membuat tubuh semakin tak bertenaga.

Baca juga : Ini 6 Makanan Yang Membuat Anda Awet Muda

Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya dihindari saat sakit

  • Makanan Berlemak

Makanan yang perlu dihindari saat demam atau batuk ialah makanan berlemak. Karena makanan berlemak mengandung lemak dan asam lemak yang dapat memperburuk penyakit. Dengan mengurangi asupan makanan berlemak dapat meyembuhkan flu biasa.

  • Kopi

Makanan selanjutnya yang perlu dihindari saat demam yaitu kopi. Kafein dalam kopi akan memperlemah sistem kekebalan tubuh dan memperlambat proses penyembuhan. Kafein juga dapat menyebabkan rasa pusing, berkeringat, dan tremor. Selain itu kafein juga dapat menyebabkan dehidrasi. Saat sedang demam disarankan untuk banyak minum air mineral, bukan minuman yang dapat menyebabkan dehidrasi.

  • Olahan Susu

Olahan susu merupakan salah satu makanan atau minuman yang harus dihindari selama sakit pilek atau demam. Karena sebagian besar produk susu dapat memperburuk selaput lendir dan menghasilkan jumlah yang lebih tinggi dari infeksi di dalam tubuh. Jika Anda sangat menginginkan olahan susu, cobalah yoghurt beku rendah lemak sebagai gantinya

  • Telur

Hindari makan telur saat terkena diare. Perut yang lemah saat mengalami diare tak bisa memproduksi enzim yang cukup baik untuk mencerna protein dalam telur. Hal ini bisa memperburuk kondisi diare dan memicu gejala lain seperti mual dan kembung.

  • Makanan Asam

Makanan asam merupakan makanan yang harus benar-benar dihindari ketika menderita demam. Mengkonsumsi makanan asam saat demam, hanya akan menyebabkan peradangan yang lebih tinggi dan memompa kadar keasaman semakin tinggi di dalam tubuh.

Itulah beberapa makanan dan minumanan yang sebaiknya dihindari ketika sedang sakit. Makanan dan minuman di atas justru akan menghalangi kemampuan tubuh untuk melawan bakteri dan infeksi dan membuat Anda sakit lebih lama. Selain itu, saat sedang demam hendaknya Anda tidak mengonsumsi makanan atau minuman dingin.

Makanan Yang Harus Dihindari Saat Terserang Demam | Ainul Mahfudh | 4.5
DMCA.com Protection Status