6 Makanan yang Dapat Menurunkan Daya Ingat

Kapanpun.com – Kehilangan memori atau amnesia merupakan suatu kondisi di mana seseorang kehilangan kemampuannya untuk mengingat suatu informasi. Kehilangan memori dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi salah satu indikasi adanya gejala Alzheimer.

makanan-pemicu-amnesia

Alzheimer merupakan penyakit yang menyebabkan penurunan atau perlambatan memori hingga memori hilang secara permanen. Penderita amnesia biasanya memiliki gangguan kemampuan untuk mengingat masa lalu bahkan sulit untuk belajar hal-hal baru.

Hal umum yang dapat menyebabkan Amnesia yaitu cedera otak, stroke, radang otak, konsumsi alkohol jangka panjang, tumor dan kejang. Salah satu penyebab yang lebih sering dapat menimbulkan amnesia adalah trauma pada kepala, yang menyebabkan kebingungan dan masalah memori.

Baca juga : Waspadai, Makanan dan Minuman ini Ternyata Dapat Merusak Tulang

Untuk membantu memulihkan memori para penderita amnesia dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang kaya fosfor seperti anggur, jeruk dan kurma.

Selain ada beberapa makanan yang dapat memulihkan daya ingat, trnyata ada makanan-makanan tertentu yang justru semakin merusak fungsi kognitif otak sehingga menyebabkan seseorang kehilangan memori secara perlahan.

Berikut makanan yang dapat memicu Amnesia

  1. Keju

Keju merupakan makanan sehat yang kaya akan kalsium dan protein. Namun keju yang telah diolah mengandung lemak jenuh yang dapat memicu amnesia, seperti keju olahan Mozarellla Amerika.

2. Daging Olahan

Daging olahan adalah salah satu makanan yang dapat menurunkan daya ingat. Daging olahan mengandung nitrosamin yang menyebabkan hati menghasilkan lebih banyak lemak dan hal tersebut dapat membahayakan otak. Lemak-lemak tersebutlah yang dapat menurunkan daya ingat.

3. Popcron

Makanan yang dapat memicu Amnesia selanjutnya adalah popcron. Menurut penelitian baru-baru ini, menyebutkan bahawa didalam popcron terdapat diacetyl yang dapat memicu munculnya penyakit paru-paru dan Alzheimer. Diacetyl dapat menembus ke sel otak dan menyerang sistem pertahanan yang berfungsi mencegah masuknya zat berbahaya.

4. Makanan Berwarna Putih

Makana-makanan yang berwarna putih ternyata perlu diwaspadai karena dapat memicu amnesia. Makanan-makanan tersebut seperti roti putih, gula pasir dan pasta yang tinggi karbohidrat. Makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi dapat memicu peningkatan gula darah. Dan tingginya tingkat gula darah adalah salah satu pemicu Alzheimer.

5. Tahu

Tahu makanan yang dianggap sebagai makanan sehat yang mengandung protein tinggi, Namun ternyata tahu juga memiliki efek buruk jika dikonsumsi secara berlebihan. Penelitian menyebutkan bahwa orang yang terlalu sering mengonsumsi tahu memiliki risiko lebih besar terserang demensia.

6. Pemanis Buatan

Menambahkan pemanis buatan dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari sangat tidak dianjurkan. Karena Pemanis buatan dapat memicu berbagai penyakit seperti sakit kepala, depresi, penurunan berat badan, pusing hingga menurunnya daya ingat.

Itulah 6 makanan yang dapat menurunkan daya ingat. Kita harus berhati hati dalam mengkonsumsi makanan sehari-hari. Meskipun makanan tersebut sehat untuk kesehatan namun jika dikonsumsi secara berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan dalam tubuh.

6 Makanan yang Dapat Menurunkan Daya Ingat | ainun nadhifah | 4.5
DMCA.com Protection Status